Jumat, 25 Juni 2010

CARA PENGOPERASIAN LEMBAR KERJA MICROSOFT WORD

B. CARA PENGOPERASIAN LEMBAR KERJA MICROSOFT WORD(3)


I. Pengantar Penggunaan Microsoft Word

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.
Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Title Bar,Menu Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task Pane.










Title bar :berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
Menu bar: berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh pada Gambar 2, perintah File Mempunyai sub-sub perintah yang berkaitan dengan dokumen, misalnya membuat dokumen baru (Open), mengatur properti dokumen (Page Setup), dan sebagainya.






Tool bar: berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari perintah File > Open, atau tool Print merupakan shortcut dari perintah File > Print.
Ruler : merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
Task pane : merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering digunakan dalam pengeditan dokumen. Bagian di dalam jendela Task Pane terdiri atas 13 bagian, yaitu Getting Started, Help, Search Results, Clip Art, Research, Clipboard, New Dokument, Shared Workspace, Document Updates, Protect Document, Styles and Formatting, Reveal Formatting, Mail Merge, dan XML Structures.
Status bar : adalah baris horizontal yang menampilan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan,
Page number: menampilkan informasi halaman.
Sec: menampilkan section dokumen.
Number/number: menampilkan nomor halaman dan total halaman berdasarkan fisik halaman di dalam dokumen. Sebagai contoh, 4/13 artinya halaman 4 dari total 13 halaman.
At: menampilakn jarak dari atas halaman pada titik sisip.
Ln: menampilkan baris dari teks tempat titik sisip diposisikan.
Col: menampilkan jarak dari baris kiri ke posisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.Untuk mengatur jenis tampilan dokumen, pilih salah satu submenu di dalam menu View. Beberapa tampilan tata letak yaitu:
Normal: memberikan tampilan sesuai format yang diterapkan pada teks.
Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak.
Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan didalam jendela browser.
Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.

II. Membuka, Mengedit,Menyimpan File, Dan Batas Cetakan Kertas

a.Untuk membuat dokumen baru

 Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
 Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (Gambar 4) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.

Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan roperti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog Page Setup (Gambar 5). Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout.














a) Margins: untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right),dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukkan margin halaman.
b) Paper Size: untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height. Secara default, satuan yang digunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools >Options sehingga muncul kotak dialog Options). Pilih tab General. Pada bagian MeasurementsUnits, gantilah satuan ke Centimeters.







b. Untuk menyimpan dokumen baru,
Secara default nama dokumen yang dibuat akan berurutan, yaitu Document 1, Document, Document 3, dan seterusnya.
Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:
1. Klik menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak dialog Save As




2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan,
yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File > Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda,
klik File > Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru.
Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi.






• Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokumen baru.
• Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
• Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
• Klik menu File > Close.
• Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
• Klik menu File > Open.
• Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.Sehingga muncul kotak dialog open (Gambar 10), kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.


III. Format Font dan Paragraph
Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan.
Klik menu Format > Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti pada Gambar














• Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
• Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring),
Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
• Size: menentukan ukuran huruf.
• Font Color: menentukan warna huruf.
• Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
• Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
 Regular Ini contoh teks dengan efek
 Bold Ini contoh teks dengan efek
 Italic Ini contoh teks dengan efek
 Bold Italic Ini contoh teks dengan efek
 Underline Ini contoh teks dengan efek
 Bold – Italic – Underline Ini contoh teks dengan efek
 Strikethrough Ini contoh teks dengan efek
 Double Strikethrough Ini contoh teks dengan efek
 Superscript Ini contoh teks dengan efek
 Subscript Ini contoh teks dengan efek
 Shadow Ini contoh teks dengan efek
 Outline
 All caps INI CONTOH TEKS DENGAN EFEK
 Hiden (tidak terlihat)




Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada
Empat macam, yaitu rata kiri , rata tengah , rata kanan , dan rata kiri kanan .
Contoh penggunaan perataan paragraf:
• Rata kiri:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
• Rata tengah:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata.Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis,skripsi, novel, dan sebagainya.
• Rata kanan:
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata.Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis,skripsi, novel, dan sebagainya.
• Rata kiri kanan (justified):
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata.Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis,skripsi, novel, dan sebagainya.Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antarbaris di dalam paragraf.Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing .
• Pengaturan spasi baris dengan nilai Single
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata.Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis,skripsi, novel, dan sebagainya.
• Pengaturan spasi baris dengan nilai Double
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata.Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis,skripsi, novel, dan sebagainya.Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen.
IV. Cara Membuat Kolom Koran
Pertama diisi dengan teks tetapi kolom yang kedua masih kosong dan kita ingin terus menambahkan teks pada kolom kedua tersebut, hal itu tidak akan berhasil. Dalam hal ini, Word hanya menerima teks pada kolom kedua jika kolom pertama sudah terpenuhi oleh teks (misalnya sudah tidak ada lagi tempat teks pada kolompertama. Dalam hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut: Tempatkan kursor kita disebelah kanan teks yang ada pada kolom satu kemudian klik Insert > Break > Column Break. Maka teks yang ada disebelah kanan akan berpindah ke kolom kedua.



a. Memasukkan Gambar Clip art

Word dilengkapi dengan seperangkat gambar kartun yang disebut dengan ClipArt. Gambar gambar ini dapat ditemukanpadaClip Art Gallery dan diorganisasikanmenurut tipe atau kategorinya. Untuk dapat memasukkan clipart ke dalam dokumen, ikuti langkah berikut:

1. Pilih Insert > Picture > Clip Art dari Menu bar. Sub pane yang diberi nama Clip Art akan muncul.
2. Untuk menemukan sebuah gambar clipart, pada bagian textbox Search For, masukkan keyword yang menjelaskan image yang kita inginkan, setelah itu tekan tombol Go.
3. Klik pada tanda panah disebelah gambar yang diinginkan yang muncul ketika kita menempatkan pointer mousemelewati image. Sebuah pop-up menu (seperti pada
gambar di bawah kanan) akan muncul:
 Bagian yang paling penting pada menu ini adalah:
a) Insert untuk memasukkan image ke dalam dokumen.
b) Copy untuk menempatkan clip pada clipboard untuk dipastekan, kemudian.
c) Find Similar Style untuk memanggil image yang sama pada image yang telah kita pilih. Pilih image yang akan dimasukkan ke dokumen. Ketika telah selesai, klik tombolClose (gambarx kecil) pada bagian sebelah kanan atas taskpane.
 Memasukkan Image dari File
Gambar yang berasal dari berbagai sumber (image yang discan dan image yang disimpan di dalam komputer) dapat dimasukkan ke dalam dokumenWord. Ikuti langkah berikut untuk memasukkan gambar atau graphic:
1. Pilih Insert >Picture > From File padaMen u bar.
2. Klik tombol garis panah bawah pada bagian sebelah kanan
3. Look in untuk mencari image di dalam komputer.
4. Sorot atau klik nama file dari list dan klik tombolInsert.
5. Wood 2003 – Tutorial.

b. Cara Membuat Print Dokumen Dan Print Preview
Untuk melakukan preview dokumen caranya yaitu klik tombol Print Preview yang ada pada toolbarStandardatau dengan meng-klik File >Print Preview. Print Dokumen
Dari menu File,
1. Pilih Print
2. Pilih Page range. Tentukan jumlah copian
pada Number of copies jika diperlukan.
3. Kita dapat memilih opsi print out pada bagian pilihanPrint, yang isinya antara lain All pages in range, only Odd, or Even pages.
4. Kita bisa juga menentukan jumlah halaman pada tiap lembarnya pada bagian Pages per sheet Setelah dokumen siap diprint, klik tombol OK.


Pada saat membuat halaman
• Ctrl + Z - Mengerjakan ketikan kembali.
• Ctrl + A - Memilih semua teks.
• Ctrl + G - Pergi ke.
• Del - Menghapus tulisan yang salah.
• Ctrl + F - Mencari.
• Ctrl + C - Mengkopi tulisan.
• Ctrl + X - Menggunting tulisan.
• Ctrl + H - Mereplace tulisan.
• Ctrl + B - Membuat cetak tebal.
• Ctrl + I - Membuat cetak miring.
Ctrl + J - Membuat rata kiri-kanan. ombol-tombol
[sunting] Berkas komputer
• Ctrl + N - Membuat lembar kerja baru.
• Ctrl + O - Membuka lembar kerja yang telah dibuat sebelumnya.
• Ctrl + P - Mengeprint hasil lembar kerja yang sudah dibuat.
• Ctrl + S - Menyimpan hasil lembar kerja yang sudah dibuat ke file.
• Ctrl + L - Membuat teks rata kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar