Jumat, 25 Juni 2010

Grafik (Chart)

Grafik (Chart)

Dalam microsoft Excel selain untuk pengolahan data dalam bentuk tabel dapat juga mengalah data dalam bentuk grafik yang datanya diambil dari tabel yang telah dibuat:

- Pilih data grafik dari tabel yang telah dibuat Button Chart.
- Klik Menu Insert pada menu Toolbar.
- Klik Chart atau dengan mengklik Button Chart Wizard yang terdapat pada Toollbar Standard.
- Tunggu hingga keluar kotak dialog Chart Wizard, seperti berikut:


- Pada Step 1, pilih salah satu jenis grafik pada bagain Chart Type,
diantara; Coloumn, line, bar, pie dan lain-lain.
- Pilih salah satu Sub grafik pada bagian Char sub-type.
- Pilih Metode pendistribusian data, yaitu dalam bentuk garis (Rows)
atau dalam bentuk kolom (Coloumn), setiap perubahan pilihan
hasilnya dapat dilihat langsung padapr eview bagian atas.
- Klik Next untuk melanjutkan ke Step 3, atau klik back jika ingin
mundur ke langkah sebelumnya, jika dipilih next berikutnya adalah Step
3, maka kotak dialognya akan berubah seperti gambar berikut :

Misalnya Anda adalah mahasiswa sekolah kesehatanyang telah ditugaskan untuk membuat sebuah daftar dari hasil pemeriksaan tekanan darah untuk 3 macam obat yang berbeda, dengan data pemeriksaan tiap jam selama 6 jam. Setelah Anda memasukkan data Anda ke dalam excel, mungkin terlihat seperti ini:

Bagaimana caranya anda mengubah data mentah data ke bentuk grafik 3 baris, dan skala horisontal sumbu (X)adalah waktu (jam), dan tingkat tekanan darah sebagai sumbu vertikal? Pertama, klik tab Insert (yang dilingkari) untuk menampilkan menu pilihan toolbar insert.

Klik pada line chart (yang dilingkari). Pilih jenis (style) line chart yang anda inginkan dari menu popup yang muncul. Grafik (chart) akan muncul sesuai dengan data anda.

Hampir selesai! Selanjutnya, anda ingin memendekan sumbu vertikal, sehingga anda dapat melihat detil pada grafik dengan lebih jelas.

Klik kanan pada sumbu yang ingin Anda ubah, dan pilih “Format Axis”. Ubah nilai dalam kotak popup untuk mengubah grafik dengan skala yang Anda inginkan, tambahkan / ubah baris properti, atau detail lainnya. Semua axes, legend (legenda), baris, dan lain-lain dalam grafik dapat diedit dengan cara ini.

Dan ini adalah hasilnya! Anda dapat juga memindahkan grafik ini ke sheet lain, dan bahkan dapat mengcopynya ke word document.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar